Cara Disable Gutenberg WordPress dan Kembali Ke Editor Lama

Cara Disable Gutenberg WordPress dan Kembali Ke Editor Lama

Wordpress dengan versi terbarunya telah mengganti editor klasik dengan gutenberg, mungkin sebagian dari kalian agak bingung dengan gutenberg yang notabene drag and drop.

Walau sebenarnya gutenberg ini mempermudah kita untuk menuliskan artikel, karna didalam classic editor sebelumnya kita menggunakan shortcodes dan HTML dalam menyusun sebuah postingan.

Didalam editor baru yaitu gutenberg menggunakan blocks dan sistem drag and drop untuk mengatur  tata letak postingan tanpa kita harus menggunakan shortcodes atau HTTML. Dengan fitur yang ditawarkan tersebut tentnya para pemula dan yang asing dengan kode akan dipermudah.

Tetapi mungkin ada alasan lain untuk menonaktifkan gutenberg yang mudah ini, saya sendiri menonaktifkan editor gutenberg karena sudah terbiasa dengan html dan shortcodes, dan mungkin anda juga mempunyai alasan yang sama.

Sebenarnya ada dua cara untuk disable gutenberg, yang pertama menggunakan library dan yang kedua langsung  edit tema wordpress yang kita pakai, tetapi didalam tutorial ini saya memberikan yang paling mudah yaitu menggunakan library karena tinggal install dan selesai.

Simak tutorial paling mudah untuk disable gutenberg menggunakan library classic editor dibawah ini, caranya sangat mudah dan tidak ribet sama sekali.

Cara Disable Gutenberg Wordpress dan Kembali Ke Editor Lama

Cara termudah menonaktifkan gutenberg yaitu menggunakan plugin, ada beberapa plugin untuk nonaktifkan gutenberg, tetapi saya biasanya menggunakan plugin classic editor

  • Menonaktifkan Gutenberg dengan Plugin Classic Editor

Masuk kedalam dashboard wordpress, klik plugins >> add new (cari dan install plugin classic editor seperti dibawah ini).

classic editor

Setelah proses instalasi selesai,maka akan otomatis editor akan berubah menjadi editor lama.

Jika kamu ingin mengembalikan editor gutenberg caranya sangat mudah. Cukup akses Setting » Writing Settings kemudian akan ada pilihan Default editor for all users yang bisa dipilih salah satu.

setting classic editor

Gutenberg adalah editor yang ditawarkan oleh WordPress, tetapi dikarenakan masih ada beberapa kekurangan dan pengguna sedikit asing dengan editor baru wordpress ini maka banyak yang kembali ke editor klasik dulu. Anda dapat melihat tutorial di atas untuk mengganti Gutenberg dan kembali ke Classic Editor.

Itu saja tutorial kali ini, semoga tutorial Cara Disable Gutenberg WordPress dan Kembali Ke Editor Lama bermanfaat.

0 Response to "Cara Disable Gutenberg WordPress dan Kembali Ke Editor Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel