Wednesday, January 30, 2019

Tutorial Instalasi Laravel 5.7 Menggunakan Composer

Tutorial Instalasi Laravel 5.7 Menggunakan Composer

Laravel merupakan sebuah framework PHP yang dirilis dalam lisensi MIT. Laravel dibangun dengan konsep MVC (Model View Controller).

Laravel merupakan framework php yang sangat kompleks dan mempunyai banyak fitur yang memudahkan kita untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

Dibagian keamanan, laravel memastikan fondasi dari aplikasi yang kita bangun benar-benar aman dari masalah security dasar. Dari mulai pengamanan csrf, autentikasi, sanitasi data, validasi data dsb. Semua fitur tersebut bisa kita dapat dengan cuma cuma. Menarik bukan?

Ada dua cara melakukan instalasi laravel, yaitu via laravel installer dan composer create project, disini saya menggunakan yang kedua karena lebih mudah dan cepat. Langsung saja ikuti tutorial instalasi laravel dengan menggunakan composer dibawah ini.

Tutorial Instalasi Laravel 5.7


1. Pastikan anda sudah menginstall composer, jika belum silahkan ikuti tutorial instalasi composer disini.

2. Masukkan perintah ini di terminal.
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama-project-anda
Tunggu samapai proses selesai, mungkin akan memakan sedikit waktu dan tergantung juga dengan koneksi anda karena dalam proses ini laravel akan mendownload semua file dan library yang dibutuhkan oleh laravel.

Untuk menjalankannya silahkan buka terminal dan masuk ke directory project anda dan ketikkan perintah php artisan serve.

Sekian untuk tutorial instalasi laravel, semoga bermanfaat.